Thursday, November 3, 2011

Tips #bergowes ala FixedGear

Hello rider! kali ini aku pengen kasi beberapa pesan sama tips deh buat yang suka main sepeda ya.

1. Pastikan sepeda dalam keadaan baik
Nah, sebelum berangkat untuk main sepeda pastikan se-pasti-pastinya untuk mengecek/memeriksa sepeda dalam kondisi baik dan layak jalan. Bayangkan aja kalo kita pake sepeda dalam kondisi kurang baik, misalnya tekanan ban kurang. Mungkin kita ga nyaman pas ngendarain sepeda nya.Kemungkinan juga sepeda ga baik jalan nya *mirip lagu ya haha*
Ada beberapa bagian yang perlu diperhatikan:

  • kekencangan rantai : rantai disetel jangan terlalu kencang banget dan juga jangan terlalu kendor banget. kalo rantai terlalu kencang, untuk  genjot nya akan terasa berat. kalo terlalu kendor, crank dapat cepet aus/rusak.
  • tekanan ban : 
    Berat Badan
    Hybrid Bike
    di bawah 54kg
    85
    30
    50
    54 – 64kg
    90
    35
    55
    64 – 73kg
    95
    40
    60
    73 – 82kg
    100
    45
    65
    82 – 91kg
    105
    50
    70
    di atas 91kg
    110
    55
    Pedoman di atas dapat diubah dengan ketentuan sebagai berikut:
    • jika tekanan udara ban sepeda dirasa terlampau lembut, maka tambah tekanan dengan panduan pedoman tekanan ban yang dianjurkan pada berat badan 2,3kg lebih berat
    • sebaliknya jika tekanan udara ban sepeda dirasa terlampau keras, maka kurangi tekanan dengan panduan pedoman tekanan ban yang dianjurkan pada berat badan 2,3kg lebih ringan
    • kurangi tekanan udara ban sepeda pada kondisi permukaan trek basah, dengan panduan pedoman tekanan ban yang dianjurkan pada berat badan 5,6kg lebih ringan
  • seatpost / saddle : aku gatau banyak tentang saddle sama seatpost yang ideal, tapi secara garis besarnya ngerti lah. kalo mau tau lengkap bisa dibaca disini nih Seluk Beluk Fixed Gear
  • ketebalan ban : hal yang satu ini cukup penting juga guys. Ban depan sama ban belakang sama penting nya. Indikasi untuk negliat apa ban kita udah waktunya gantu itu ya dari ketebalan nya. Nah untuk yang suka skid nih perlu diperhatikan ya. Biasanya kalo sudah sering long skid gitu kan ban nya jadi cepet tipis. Biasa nya akan keliatan benang-benang pelapis ban nya. Kalo sudah keliatan benang nya, ya berarti tanda nya ban itu sudah tipis dan bahaya untuk dipakai. Biasanya kalo ban belakang sudah tipis gitu, kebanyakan orang ban depan di tukar sama ban belakang. Nah ini sebenernya salah. Kalo sudah tipis, mending diganti sama yang baru. Harga ban yang umum paling 120k/2pcs. Harusnya ga perlu 2 kali mikir kalo untuk keselamatan ya.
2. Safety
  • Helm : ini yang paling penting dalam bersepeda. Untuk keselamatan kepala dan otak. Kita gatau kan kapan kecelakaan terjadi sama kita. Bukan nya berharap kita kecelakaan sih, tapi namanya kecelakaan dalam bersepeda itu suatu resiko. Resiko itu gatau kapan dia datang ke kita. Jadi ada baiknya kita "sedia payung sebelum hujan" kan? Ada pernah kejadian begini
Pas malam rabu biasanya ada nite ride. Karna malam, kita ga ada rute gowes yang spesial, karna kita pikir gowes malem itu gak baik untuk badan kan. Jadi niteride itu kita lebih cenderung untuk ngumpul ngumpul aja. Biasanya sore jam 5 kita ngumpul di portal (tempat biasa kita ngumpul). Dari situ, kita rute nya ke mall aja. Ngumpul biasanya ngebahas ada apa aja event kedepan atau planning planning untuk kedepan nya. Nah, karna rumahku agak jauh dari kota dan kalo malem suram/horor/sepi jadi aku cabut duluan. Tapi kali ini aku pulang sama temenku. Jadi karna kita dari dalam mall, kalo mau keluar mall mesti ngelewatin palang pintu otomatis yang biasanya untuk motor dan mobil. Jadi aku keluar duluan, pas ada motor keluar juga. Jadi pas palang otomatis nya keangkat aku pas di deket palang langsung masuk. Tapi si temenku ini langsung ngikut laju juga padahal palang nya udah turun. Alhasil, dia ga sempet menghindar trus nabrak tuh palang sampe patah -_- jadi posisi dia pas nabrak palang itu tunduk dengan kepala di depan ala ala road biker. Untung nya dia pake helm, jadi dia ngadu helm sama tuh palang. Tapi mungkin ga semua bagian palang kena helm, mukanya temen ku itu bengkak sebagian dan ada bagian yang nge-cap di muka nya. Look so hurt men.  
  • Toe strap / scrab : yang ini juga penting untuk quick stop. Kalo ga pake ini, susah banget untuk stop. Apalagi kalo sudah stop di lampu merah gitu. Ya yang jelas kita harus biasakan pake part ini. Toe strap atau scrab memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Itu tergantung rider yang suka nya seperti apa. 
  • contoh toe strap
      contoh scrab


    • Safety lamp (kalo nite ride) : Part yang satu ini penting juga kalo temen temen yang suka gowes malem. Ini paling kritikal banget, bisa dimasukan dalam kategori mutlak lah. Kita pake ini supaya keliatan kalo pas lagi gowes malem sama pengendara lain. Agar juga ga ketabrak sama pengendara lain. Lampu ini juga bisa juga dibilang sebagai identitas kalo gita gowes. 




    • Alat perlindungan diri : nah yang ini optional. Se-enggaknya kita antisipasi kalo pas lagi gowes gitu ada yang macem macem sama kita (berbuat jahat). Bisa bawa apa aja yang penting bisa buat nyerang. Tapi ingat ini bukan buat tawuran loh ya. Bisa kunci-kunci yang terbuat dari besi, semprotan merica/lada, penyengat listrik dsb. Ya gitu deh pokok nya.

    SALAM GOWES! Peace out!

    No comments:

    Post a Comment