Monday, June 1, 2015

Cara Merubah EXIF (metadata) pada Foto

Halo! Apa kabar semuanya? Pasti baik dong ya.

Okay, saya nulis artikel ini sebenarnya dalam rangka tugas kampus. Tapi ya mungkin bisa berguna buat teman-teman semua :D

Kali ini artikelnya bukan tentang jalan-jalan dulu ya. Temanya adalah manipulasi. Apa yang dimanipulasi? Sesuai judul di atas, kali ini saya mencoba untuk memanipulasi EXIF dari sebuah foto. EXIF adalah sebuah metadata pada sebuah foto. Biasanya dalam perlombaan fotografi, EXIF dari sebuah foto sangat diperhatikan.

Yadah, langsung ke tutorial aja ya



Software:
Free EXIF Editor link

Langkah-langkah :
1. Install software yang sudah di download tadi.
2. Pada desktop akan muncul icon software. Klik untuk menjalankan software tersebut.

3. Maka akan muncul tampilan seperti ini (klik gambar untuk tampilan jelasnya)


4. Navigasi ke folder dimana kita menyimpan foto yang ingin kita edit.

5. Pilih foto yang akan kita manipulasi pada kolom yang ditengah.

6. Lalu kita dapat melihat detail exif pada kolom sebelah kanan. jika ingin mengeditnya, klik tombol yang berada di bawah kolom tersebut (lihat gambar di atas)

7. Setelah itu, maka akan muncul jendela seperti dibawah

- edit waktu nya

 -setelah sesuai dengan waktu yang diinginkan, klik OK

-klik OK lagi jika sudah selesai

-wala.

Selanjutnya saya akan mencoba memanipulasi software proccessing pada foto.
1. Pilih fotonya





25 comments:

  1. nah ini dia artikel yg ane cari gan. makasi ya gan! keep update :D

    ReplyDelete
  2. makasi infonya ya, nanti mau nyobain caranya

    ReplyDelete
  3. Kakak aku minta nopemu :*

    ReplyDelete
  4. informasi yg bermanfaat bet gan. nanti ku coba caranya nanti.. nanti.. nanti.. (y)

    ReplyDelete
  5. Thanks, infonya membantu sekali..

    ReplyDelete
  6. Kakak faris lg apa? :*

    ReplyDelete
  7. Keren gan, ajarin ane dong gan software editing lainnya :)

    ReplyDelete
  8. kalo mau ganti aparture, ISO, dsb gitu kok gabisa ya? gimana caranya? thanks

    ReplyDelete
  9. mas bro kalo mau rubah file dipropertis pake apa ya ?

    ReplyDelete
  10. Makasih gan, ane lg nysri ni tutorial...
    :)

    ReplyDelete
  11. mas, foto saya jadinya corrupt. g bisa dibuka di windows viewer tp bs dibuka di hp. gmn ya? help me please. sarannya saya tunggu di s.aristifanniy@gmail.com ya. terimakasih

    ReplyDelete
  12. Thankyou artikelnya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  13. masih ke detect kalau pake software JPEGsnoop, biar gak ke detect gimana ya gan, tks

    ReplyDelete
  14. kok file saya tetap tidak bisa diedit tanggal nya ya? yang dr handphone atau pun dslr

    ReplyDelete