Saturday, June 7, 2014

Jalan-jalan Malang #2 : Trip Dadakan ke Pulau Sempu Part 1


Hellooo helloo! Akhirnya bisa lagi nulis nulis random. Kali ini mau nulis cerita tentang perjalanan ke Pulau Sempu. Jadi ceritanya Pulau Sempu itu pulau yang ada pantainya, tapi berada hampir di tengah pulau. Pulaunya masih berada di dalam wilayah Kabupaten Malang gitu deh.

Nah pas liburan semester genap kemaren, sambil nunggu nilai ujian keluar, si Yogi ngajakin ke Malang dadakan. Awalnya sih ga mau ikut, karna alasan dompet lagi tipis. Berdua. Tapi ya namanya kepengen, akhirnya berangkat lah dengan uang pas-pasan. Hari itu juga langsung pesen travel tujuan Malang untuk besok malamnya.

penampakan buhan malang :))
Nah untuk tempat tinggal di Malang sih ga perlu repot cari. Karna disana ada April sama Madan. Kalaupun dua duanya ga bisa ditumpangin, seenggak nya pilihan terakhir ya nginap di asrama KPMB. Yagitude.
Berangkat dari Jogja sekitar jam 9 malam. Sampe di Malang, jam setengah 7 pagi. Habis datang, langsung istirahat dan sarapan karna perjalanan lumayan gedek :| hari pertama di Malang, diajakin jalan muter muter lupa kemana aja. Nah, besok besok nya karna udah bingung mau kemana, pilihan nya ke Bromo karna si wong Jogja iki durung rono. Tapi kalo ke Bromo katanya enak berangkat malam. Tapi tiba-tiba, ada yang nyeletuk "pulau sempu aja gin". Iseng iseng googling di forum forum tentang Pulau Sempu, trus disitu pada dikasi poto yang bagus bagus. Akhirnya pengenlah kesana, karna si wong malang iki urung rono juga --haha apasih bahasa jawanya. Setelah ngumpulin massa, jadinya ikutlah 7 orang. Ane, Yogi, Madan, April, Dika, Adi, yang satunya lupa namanya :|

Karna dari cerita di forum-forum lebih enak menginap, maka rencananya kita mau camping disana untuk 1 malam saja. Jadi kita butuh tenda dan persiapan logistik lainnya. Siang direncanain, malam nya sudah siap siap.

Jadi logistik nya kaya gini :
- masak nasi sendiri dari rumah, trus dibungkus pake kertas. semunya ada 8 bungkus dengan porsi jumbo :))
- bawa mie instan
-bawa kacang-kacangan
- per orang bawa 3 botol besar
- tenda 1 (kapasitas 4 orang)
- telur rebus 8 biji
- sleeping pad 2 biji

Yap, menurut kesepakatan berangkatnya jam 7 pagi. Tapi molor jam 8. Kita start dari Joyogrand pergi kerumah Adi (lupa nama daerahnya apa). Sampai rumah Adi, langsung berangkat untuk cari sarapan. Akhirnya sarapan dan segala macam persiapannya sampai jam 10. Dari tempat sarapan tadi langsung berangkat menuju Pulau Sempu. Katanya sih ada yang tau jalan, jadinya ya jalan lah.

Karena aku bukan orang yang pengingat yang detail, rutenya lupa lewat mana aja. Jadi inti dari rutenya adalah ke Pantai Sendang Biru dulu. Sendang Biru sendiri masih deket dengan Pantai Goa Cina (kalo ga salah).

ketika skuter-matik menjadi skuter-trail

it's a hell of the road
Nah, dalam perjalanan ada sesuatu yang apalah-namanya. Ternyata, rute yang kita ambil bukan rute yang seharusnya kita lewatin. Rute yang kita lewatin (mungkin) rute alternatif. Akhirnya jalanan yang kita lewatin itu off-road banget lah. Batu, kerikil, rumput, lempung, becek-becekan, tanjakan, pohon tumbang, sawah, kebun orang, orang kondangan, dll dsb dst. Modal nekat doang kita lewatin udah kaya atlit balap. Wuzz wuzz! Kira-kira 1,5 jam perjalanan, baru kita nemu jalanan aspal. Kirain udah dekat pantainya, eh ternyata masih nempuh sekitar 20-40 menitan. Kalo temen-temen ngikutin jalan yang satunya, ga ngelewatin Goa Cina itu. Dari pinggir jalan nanti, ada penunjuk jalan masuk untuk ke Pantai Sendang Biru.

Pantai Sendang Biru terbagi 2 tempat, untuk kapal nelayan dan tempat wisata. Ada juga pasar ikannya. Masuk pantainya bayar retribusi kurang dari 10ribu/orang atau /motor (lupa berapa tepatnya). Setelah kita sampai, kita menuju ke 'pangkalan nelayan'. Istirahat dan ngisi perut (beli makan ditempat) setelah kecapean main motor-cross :| Setelah cari info untuk sewa antar-jemput kapal, akhirnya kita cari orang lokal / nelayan yang bisa antar kita nyebrang ke Pulau Sempu. Beberapa saat kemudian ketemu-lah dengan Pak Nelayan. Pak Nelayan ngasitu segala biaya dan semacamnya. Nego. Ok. Oiya, Pak Nelayan juga mau ngurusin surat izin + asuransi dari pengelola wisata disana. Kalo ga salah biayanya 7000/orang. Untuk kapalnya 100rb (antar+jemput). Pak Nelayan rekomendasiin untuk nyewa sepatu boot khusus, karena track dalam hutan P. Sempu lagi basah (waktu itu lagi musim hujan). Awalnya kita gamau. Tapi setelah ada beberapa kelompok orang baru kembali dari P. Sempu, mereka rekomendasikan (dengan gaya bicara ala marketing) untuk sewa sepatu. Akhirnya kita putuskan untuk sewa sepatu juga. Pak Nelayan nawarin guide juga, tapi bapaknya ngasi tips. Kalo mau enak, kita ikut  turis aja yang pake guide (pas kebetulan ada turis lokal sewa guide / porter).

isi tenaga dulu sebelum nyebrang

baru sampe sendang biru, langsung numpuk barang
menuju ke pulau sempu

Setelah selesai makan dan kembali periksa barang bawaan (jam 3an), akhirnya kita nyebrang diantar Pak Nelayan. Waktu nyebrang sekitar 10-20 menitan. Setelah sampai, langsung kita ngikutin guidenya orang hehe. Dan emang bener, track di dalam hutannya berlumpur. Perjalan ke pantainya mungkin butuh waktu +-2,5 jam. Tapi di tengah perjalanan, kita ketinggalan sama guidenya. Tapi untungnya adalah banyak orang juga yang menuju kesana. Jadinya ngikutin rombongan orang ajadeh hehehe.


di dalam hutan lewatin track yang becek gada ojek. huft

Tepat sebelum magrib (kira-kira) kita sampai di danau pinggir laut (laguna / lagoon). Setelah bersih-bersih,
langsung cari tempat untuk bangun tenda karna udah mau gelap. Dan ternyata disana udah rame banget (ga ngira). Setelah magrib, persiapan makan-istirahat. Ada yang gitaran, bikin api unggun, dan lain lain. Sekitar tengah malam, hujan badai tapi singkat. Tapi aku mah tetep tidur hehehe.

first thing pas sampe di pantai: bangun tenda, masukin barang, ngatur keperluan makan, dll

semua udah beres, tinggal nikmatin pemandangan aja. seger!
karna udah waktunya makan malam, dihidangkan lah nasi yang dibungkus dari rumah, trus dicampur aduk jadi satu sama telor rebus, pilus, sama kremesan mie mentah. + saos. aduh mama sayange, nikmat eh.
this is how we spend the night
bersambung ke part 2 gan.....